Ethiopia


Dengar rintihan berjuta kepala

Waktu lapar menggila

Hamparan manusia tunggu mati

Nyawa tak ada arti


Kering kerontang meradang

Entah sampai kapan

Datang tikam nurani


Selaksa doa penjuru dunia

Mengapa tak rubah bencana

Menjerit Afrika mengerang Ethiopia


Ethiopia (8x)


Derap langkah sang penggali kubur

Angkat yang mati dengan kelingking

Parade murka bocah petaka

Tak akan lenyap kian menggema


Nafas orang-orang disana

Merobek telinga

Telanjangi kita


Lalat-lalat berdansa cha cha cha

Berebut makan dengan mereka

Tangis bayi ditetek ibunya

Keringkan air mata dunia


Obrolan kita dimeja makan

Tentang mereka yang kelaparan

Lihat sekarat dilayar TV

Antar kita pergi ke alam mimpi


Ethiopia Ethiopia

Ethiopia Ethiopia

Ethiopia Ethiopia

Ethiopia Ethiopia


Disana terlihat ribuan burung nazar...

Terbang disisi iga iga yang keluar...

Jutaan orang memaki takdirnya...

Jutaan orang mengutuk nasibnya...

Jutaan orang marah...

Jutaan orang tak bisa berbuat apa apa...


Setiap detik selalu saja ada yang merintih...

Setiap menit selalu saja ada yang mengerang...


Ethiopia Ethiopia

Ethiopia Ethiopia


Aku dengar jeritmu dari sini...

Aku dengar...

Aku dengar tangismu dari sini...

Aku dengar...


Namun aku hanya bisa mendengar...

Aku hanya bisa sedih...

Hitam kulitmu...

Sehitam nasibmu kawan...


Waktu kita asik makan...

Waktu kita asik minum...

Mereka haus...

Mereka lapar...

Mereka lapar...

Mereka lapar...



Title:Ethiopia

Artist:Iwan Fals

Album:[1986]Ethiopia / [2000]Best of the Best

0 komentar:

Posting Komentar