Proyek 13


Meskipun kurang paham tentang radiasi

Meskipun kurang paham tentang uranium

Meskipun kurang paham tentang plutonium

Ku tahu radioaktif panjang usia


Aku tak tahu sampahnya ada dimana

Aku tak tahu pula cara menyimpannya

Aku tak yakin tentang pengamanannya

Karena kebocoran pun ada disana


Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi


Aku menolak akal yang tanpa hati

Aku menolak teknologi tanpa kendali

Aku tak mau mengijonkan masa depan

Demi listrik sedikit banyak keruwetan


Sama sekali ku tak anti teknologi

Tapi aku lebih percaya pada hati

Aku tahu listrik penting buat industri

Tapi industri jangan ancam masa depan


Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi


Daripada susah payah beli reaktor

Daripada pusing karena sampah nuklir

Daripada malu kepada anak cucu

Aku bergerak menyanyikan kehidupan


Informasi tentang ini harus diberikan

Bahaya dunia maju harus disingkirkan

Rasa gengsi tak perlu diteruskan

Pembangunan PLTN harap hentikan


Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi

Oh apa yang sesungguhnya sedang terjadi


Apa yang akan terjadi nanti


Untuk listrik banyak memerlukan sumber energi

Pilihanmu pun tentu jadi dicurigai

Sebab di negeri maju reaktor ditutupi

Bukan alasan agar republik ini beli


Aku lebih suka tenaga matahari

Aku lebih suka tenaga panas bumi

Aku lebih suka dengan tenaga angin

Aku lebih suka tenaga arus laut


Title:Proyek 13

Artist:Iwan Fals

Album:[1991] Cikal

0 komentar:

Posting Komentar